Jumat, 02 Maret 2012

Tumblr..


Ngeblog memang selalu menyenangkan. Salah satu pilihan yang asik buat ngeblog gratis adalah  menggunakan website tumblr. Selain lebih mudah, tumblr ternyata juga bisa jadi social networking yang seru, lho. Kita main tumblr, yuk!

* easier to use
Lain sama blog gratis lainnya, tumblr termasuk super simple dan mudah. Ada banyak pilihan post yang enggak bikin kita bingung. Kita bisa langsung memilih apa post kita kali ini, seperti foto, teks, link, video, quote, sampai percakapan chat.

* fun design
Meskipun sudah ada beberapa design themes yang bisa kita gunakan, tapi lumayan banyak juga yang bisa kita lakukan. Banyak kode-kode untuk endless scrolling bahkan snowflakes falling untuk tampilan blog tumblr kita. Enggak jarang blogger yang lain juga punya themes gratis yang bisa kita gunakan dengan feature dan templates yang makin keren dan kreatif. Contohnya, themaxdavisthemes.tumblr.com atau modernisethemes.tumblr.com.

* reblog reblog reblog
Enaknya di tumblr kita bisa me-reblog postingan orang lain yang kita suka. Enggak perlu takut jadi pembajakan karena ada credit yang tetap menyatakan siapa yang posting. Dan ini membuat kita lebih seru ngeblog.

* follow and followed
Yep, satu lagi, tumblr bisa saling memfollow  kayak twitter. Serunya kalau kita follow blogger-blogger yang famous atau punya ribuan followers, kita bisa lihat dan ikutan berinteraksi. Mulai dari kiriim ask atau message yang bisa dijawab secara private atau public. Dengan adanya sistem follow ini, kita juga bisa berteman dengan banyak orang dari seluruh dunia.

* tipe blog
Kalau selama ini kita tahu blog cuma untuk posting hal-hal pribadi kita, tumblr agak berbeda. Kebanyakan tumblr digunakan untuk share foto dibanding tulisan yang panjaaang. Tapi jangan khawatir, karena ini blog kita, kita bebas memposting apa saja. Untuk informasi, ada beberapa tipe blog yang cukup popular di tumblr, yaitu black and white (postingan foto hitam putih), koala tea atau quality (untuk blog yang posting foto-foto dengan warna dan quality yang bagus), vintage (tentu memposting foto-foto dengan mode vintage), hipster (postingan tentang gaya anak-anak hipster), luxury blog (foto yang diposting adalah foto-foto luxury dan classy), tattoos and band (seperti namanya postingannya pun sekitar tattoo dan band), dan fashion blog.

Ada juga sisi buruknya tumblr :
- drama oh drama
Banyak juga tumblr famous (sebutan untuk blogger yang punya banyak sekali followers) memposting drama mereka. Bertengkar dengan blogger lain, depresi, sampai issue bullying dan cuts. Enggak jarang mereka mengutarakan kebencian mereka di sini. Tapi mengingat ini adalah sebuah blog,  jadi kita bisa unfollow kalau enggak suka dan enggak perlu ikut-ikutan berdrama.

- kata-kata kasar
Berhubung kebanyakan pengguna tumblr adalah anak muda, mereka kadang enggak ragu menggunakan kata-kata kasar dan bercanda dengan gaya yang cukup menyinggung. Pada dasarnya sama saja dengan kebanyakan remaja di sini, hanya mungkin berbeda bahasa dan gaya. Kita bakal menemukan banyak kata-kata baru, tapi kalau kita bisa membedakan mana yang baik dan buruk, kita pasti tidak terpengaruh.

Siapa, sih, yang main tumblr?
1. Zooey Deschanel
Si aktris dan penyanyi yang tenar melalu film 500 Days of summer ini juga aktif posting di tumblr, lho. Bisa lihat dan memantau keseharian pemeran Jess dalam serial TV New Girl ini di http://zooeydeschanel.tumblr.com/

2. Tiffany William
Cewek yang juga salah satu Unbeatable Fun Girls-nya W dan terkenal dengan tweets yang inspiratif, hobi menghabiskan sebahagian waktunya di tumblr. Tiff juga sering memberikan advices untuk followers-nya. Salah satu tumblr famous yang asik buat kita follow, dan kita bisa berkomunikasi dengan Tiff dalam bahasa Indonesia. Coba intip blognya Tiffany di http://tiffanywilliam.com/ (meskipun menggunakan domain berbeda tapi ini tumblr juga, lho).

3. Ketty Tressianah
A.k.a... Sayaaa, penulis artikel ini, he-he-he. Sebagai salah satu alumni CCW 2008 dan juga salah satu penulis kumpulan cerpen "Magic Box," saya juga suka mem-posting berbagai hal di tumblr. Meskipun blog ini enggak berisi tulisan-tulisan saya, saya sering banget mem-posting foto-foto yang beragam. Yuk, jadi teman saya di http://lollypork.tumblr.com/


Masih bingung? Penasaran? Mending langsung coba aja bermain tumblr. Happy blogging, gals!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar